4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan + Cara Klaimnya

Posted on

BPJS memang salah satu topik yang cukup sering diperbincangkan. Adapun yang sering menjadi pembicaraan tersebut adalah mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Meski telah ada banyak sekali artikel yang membahas mengenai hal tersebut, tetap saja masih ada yang tidak paham mengenai hal itu.

Cara Cek Saldo BPJS

Oleh karena itulah, di bawah ini akan ada sedikit penjelasan mengenai 4 cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang harus Anda ketahui. Supaya Anda tak perlu lagi merasa penasaran dengan saldo BPJS yang telah terkumpul. Berikut 4 cara ceknya:

Cek Saldo BPJS Melalu Website

Cara ini dinilai cukup mudah karena sekarang ini banyak sekali para pengguna internet sehingga memungkinkan para pemakai BPJS mengecek saldo mereka dari website.

cek saldo BPJS melalui website

1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke website BPJS resmi yakni bpjsketenagakerjaan.go.id.

BPJSTKU

2. Kedua, Anda perlu pilih menu Layanan Peserta, kemudian pilih menu Tenaga Kerja. Setelahnya ada pilihan BPJSTKU dan Antrian Online. Maka segera pilih menu BPJSTKU dan Anda akan dibawa ke halaman login.

login website bpjs

3. Ketiga, masukkan email dan kata sandi Anda untuk bisa melakukan login, lalu pilihlah menu lihat saldo BPJS Anda. Setelahnya informasi terkait saldo yang Anda cari tadi akan terpampang di layar gawai atau laptop Anda.

 

Jika Anda adalah pengguna baru dan belum pernah melakukan cek saldo melalui online, maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Cara cek saldo BPJS adalah:

1. Pilih menu Daftarkan Saya

2. Isi formulir data diri yang tertera. Contohnya seperti Nama dan nomor KTP, nomor kartu peserta BPJS, lalu klik menu Setuju pada kolom yang berisi tentang penggunaan layanan.

3. Setelah data yang Anda masukkan benar dan tidak kurang satu kata pun, maka Anda bisa segera klik Daftar atau Submit.

4. Nantinya Anda harus melakukan aktivasi akun BPJS lewat email dan SMS dengan menggunakan kode aktivasi yang telah dikirimkan. Setelah proses aktivasi ini beres, maka Anda bisa melakukan pengecekan saldo via website dan juga melakukan pengecekan pada layanan lainnya lewat website.

 

Cek Saldo BPJS Lewat SMS

Cara yang satu ini juga kerap disukai oleh para pekerja. Terutama yang tidak bisa memiliki akses ke internet dan hanya bisa melakukan sms saja. Caranya cukup mudah. Berikut di bawah ini cara cek saldo BPJS ulasannya:

Cek Saldo BPJS Lewat SMS

  • Sebelumnya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk menikmati layanan yang satu ini. Pertama, ketik saja: Daftar Saldo#Nomor KTP#Nama#Tanggal Lahir#Nomor Peserta. Lalu kirim ke nomor 2757. Jika sudah dilakukan, nanti Anda akan mendapatkan SMS balasan yang mengatakan bahwa nomor BPJS Anda telah terdaftar.
  • Kedua, balas sms tersebut dengan format: Saldo(spasi)Nomor Peserta. Lalu tekan kirim ke nomor 2757 tadi. Setelahnya Anda akan segera mendapatkan sms balasan yang berisi tentang keterangan saldo BPJS Anda.

Cara Cek Saldo BPJS Lewat Aplikasi

Melakukan cara cek saldo BPJS juga bisa Anda lakukan lewat aplikasi apabila ponsel Anda adalah ponsel pintar yang masih memiliki banyak ruang penyimpanan. Caranya juga cukup mudah dan lebih mudah dari lewat website atau online. Berikut ulasannya:

Cara Cek Saldo BPJS Lewat Aplikasi

  • Download dan install aplikasi BPJS Mobile di Google Play Store atau App Store.
  • Kemudian Anda hanya perlu melakukan pengaturan pada aplikasi sesuai dengan akun BPJS yang Anda miliki. Jika belum punya, silakan mendaftar terlebih dahulu.

  • Jika sudah memiliki akun, Anda hanya tinggal melakukan login dengan cara memasukkan email dan kata sandi yang Anda punyai.

cek saldo bpjs di aplikasi

  • Setelah masuk, Anda akan dibawa pada halaman utama yang berisi tentang pelayanan-pelayanan BPJS. Klik saja menu Lihat Saldo dan selesai.

Cara Cek Saldo BPJS ke Kantor Langsung

Cara Cek Saldo BPJS ke Kantor Langsung

Dulunya, cara yang satu ini memang sering dipakai oleh masyarakat untuk melakukan cara cek saldo BPJS. Nantinya, masyarakat akan dicetakkan slip saldo BPJS yang mereka miliki. Namun, cara keempat ini sudah tidak banyak lagi masyarakat yang menggunakan karena memang lebih praktis dengan cara online atau dengan cara sms langsung.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Untuk saat ini justru banyak sekali masyarakat yang menggunakan proses klaim BPJS via online. Caranya adalah dengan lewat website E-Klaim. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi mengantre di kantor BPJS dan karena bisa mengisi formulir secara online menggunakan smartphone atau komputer Anda. Selama Anda masih memiliki koneksi internet yang stabil, semuanya mudah saja dilakukan. Berikut cara klaimnya:

 

  • Buka alamat website https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim/
  • Isi data diri yang diperlukan meliputi: nomor E-KTP, nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir Anda, nomor KPJ, alasan klaim (untuk ini Anda bisa memilih alasan pada menu drop down yang ada) kemudian isi nomor ponsel dan email Anda yang masih aktif. Gunanya adalah untuk menerima kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui sms.
  • Kemudian jika sudah mendapatkan kode verifikasi, maka masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Lalu Anda tinggal memasukkan nama lengkap, nama bank dan nomor rekening Anda.
  • Setelah semuanya selesai, Anda perlu mengunggah dokumen-dokumen penting yang sudah harus di scan Jika prosesnya benar, maka Anda akan mendapatkan konfirmasi dari customer service.

 

Perihal dokumen yang harus Anda ajukan sendiri seperti dokumen pada umumnya, yaitu:

  • Fotocopy asli KTP
  • Fotocopy asli kartu peserta BPJSTK atau kartu Jamsostek
  • Fotocopy asli Kartu Keluarga
  • Fotocopy asli Paklaring yaitu surat keterangan berhenti kerja
  • Fotocopy asli buku tabungan bank

 

Itulah 4 cara cek saldo BPJS beserta cara klaimnya yang mudah Anda lakukan. Tentunya semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.