Sanksi Tidak Membayar Tagihan Kartu Halo

Posted on

Kartu Halo merupakan salah satu produk unggulan Telkomsel yang memiliki banyak sekali kelebihan. Namun layanan pascabayar satu ini mengharapkan para pelanggannya untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Soalnya sanksi tidak membayar tagihan kartu halo ini terbilang tegas.

Tentu saja ada banyak sekali sanksi yang diberikan. Tujuannya bukan sebagai hukuman, tapi sebagai bentuk notifikasi atau peringatan bilamana notifikasi lain yang disampaikan kepada Anda sebagai pelanggan belum terbaca. Lantas apa saja sanksi keterlambatan ini?

Apa Saja Sanksi Mangkir Pembayaran Kartu Halo?

Bagi Anda para pengguna kartu halo yang melakukan pelanggaran dari segi pembayaran, ada beberapa sanksi yang akan diberikan oleh pihak Telkomsel sebagai penyelenggara produk dan layanan Kartu Halo yang Anda gunakan.

Sanksi ini akan dilakukan sesuai dengan Pasal 5 Ketentuan Umum Berlangganan Kartu Halo yang sudah Anda sepakati sebelumnya. Berdasarkan pasal ini, ada tiga sanksi utama yang akan diberikan kepada Anda sebagai pengguna.

1. Pemblokiran Panggilan Keluar

Pemblokiran-Panggilan-Keluar

Sanksi pertama adalah pemblokiran panggilan keluar melalui kartu Halo yang digunakan. Ini merupakan sanksi awal. Jadi pada saat Anda gagal bayar atau mengalami kendala dalam pembayaran pasca jatuh tempo, kartu Anda tidak akan bisa melakukan panggilan keluar.

Pemblokiran ini tidak akan dipengaruhi oleh sisa saldo ataupun kuota yang Anda miliki. Jadi Anda secara mutlak tidak bisa menghubungi orang lain melalui nomor kartu Halo yang diblokir. Namun orang lain masih bisa menghubungi Anda melalui nomor tersebut.

2. Pemblokiran Total Untuk Panggilan Masuk dan Keluar

Pemblokiran-Total-Untuk-Panggilan-Masuk-dan-Keluar

Jika Anda masih belum melakukan pembayaran tagihan, sanksi tidak membayar tagihan kartu halo selanjutnya adalah pemblokiran total terhadap panggilan masuk dan panggilan keluar di nomor Kartu Halo yang Anda miliki. Kalau sudah mencapai fase ini, Anda harus segera melakukan pembayaran.

Soalnya secara mutlak Anda tidak bisa menghubungi orang lain. Begitu juga orang lain tidak bisa menghubungi Anda sama sekali melalui layanan telepon. Hal ini tentu akan sangat merepotkan, terlebih jika Anda terbiasa melakukan komunikasi melalui line telepon dalam aktivitas sehari-hari.

Meski diblokir total, Anda masih bisa melakukan pengecekan saldo dan masa aktif pada kartu Halo yang dimiliki. Namun kalau sudah sampai di titik ini, Anda harus segera melakukan pembayaran. Parahnya, pembayaran tersebut tidak bisa dilakukan secara online.

Anda harus datang ke GraPARI secara langsung untuk memberikan klarifikasi kepada customer service terkait keterlambatan bayar yang Anda lakukan. Pihak GraPARI akan menimang apakah Anda bisa melanjutkan layanan Kartu Halo yang digunakan atau tidak. Hal ini lepas dari Anda melakukan pembayaran atau tidak.

3. Pemberhentian Status Berlangganan Kartu Halo

Pemberhentian-Status-Berlangganan-Kartu-Halo

Kalau Anda masih belum melakukan pembayaran setelah mendapatkan sanksi kedua di atas, sanksi ketiga dan merupakan sanksi tidak membayar tagihan kartu Halo terakhir adalah pemberhentian status berlangganan Anda terhadap Kartu Halo. Jadi secara otomatis kartu Anda akan diblokir oleh pihak Telkomsel.

Kalau sudah sampai di titik ini, Anda tidak Anda bisa menggunakan kartu tersebut sama sekali. Jadi Anda tidak akan bisa melakukan pengecekan pulsa, masa aktif dan fitur USSD lain yang biasa diakses pada SIM card. Kartu Anda sudah tidak aktif dan tidak bisa digunakan.

Meskipun begitu, Anda tetap harus melakukan pembayaran tagihan Kartu Halo yang sudah digunakan sebelumnya. Pihak Telkomsel akan terus memberikan pemberitahuan terkait tagihan Anda melalui surel, panggilan telepon, atau surat secara langsung.

Kapan Sanksi Ini Diberikan Kepada Pelanggan Kartu Halo?

Kapan-Sanksi-Ini-Diberikan-Kepada-Pelanggan-Kartu-Halo

Mengenai kapan pemberian sanksinya sendiri dilakukan memang tidak diatur secara resmi oleh pihak Telkomsel. Namun berdasarkan pasal perjanjian penggunaan Kartu Halo itu sendiri, pelanggan kartu halo akan mendapatkan sanksi setelah mereka melewati batas pembayaran yang ditentukan oleh perjanjian awal.

Namun dikutip dari berbagai sumber, turunnya sanksi tidak membayar tagihan kartu Halo ini cukup beragam. Ada yang baru dua minggu sudah mendapatkan sanksi, ada yang satu bulan baru mendapatkan sanksi, ada juga yang baru beberapa hari terlambat sudah dikenai sanksi oleh pihak Telkomsel.

Tentu saja pihak Telkomsel memiliki pertimbangan tersendiri dalam penilaian ini. SAlah satunya adalah siklus pembayaran ada di masa lalu. Kalau misalkan Anda baru kali ini melakukan keterlambatan pembayaran, mungkin jangka pemberian sanksinya akan cukup lama.

Namun kalau Anda sudah terlalu sering melakukan keterlambatan pembayaran, sudah tentu sanksi yang diberikan juga jauh lebih besar lagi. Yang paling penting, Anda harus melakukan melakukan siklus pembayaran dengan tepat waktu dan sesuai dengan klausul perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Sanksi Kartu Halo?

Bagaimana-Cara-Mengatasi-Sanksi-Kartu-Halo

Untuk mengatasi sanksi dari Telkomsel terhadap Kartu Halo Anda, tentu saja Anda harus melakukan pembayaran dengan segera. Kalau Anda masih berada pada sanksi fase satu, Anda masih bisa melakukan pembayaran secara online.

Pembayaran secara online ini bisa dilakukan melalui mitra Telkomsel. Contohnya melalui M-Banking, Aplikasi Link, Tokopedia,dan lain-lain. Caranya juga sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi yang Anda miliki
  • Cari pembayaran tagihan
  • Pilih telepon/seluler
  • Pilih Telkomsel
  • Tap menu Kartu Halo
  • Isikan nomor telepon Anda
  • Konfirmasi tagihan yang muncul
  • Pilih bayar,
  • Tunggu struk pembayaran ditampilkan
  • Selesai.

Itulah metode pembayaran Kartu Halo secara online yang masih bisa dilakukan pada saat sanksi tahap satu. Jika Anda sudah berada pada fase sanksi tahap dua atau tiga, pembayaran tersebut tidak bisa dilakukan secara online atau melalui mitra Telkomsel.

Anda harus mendatangi customer service di GraPARI secara langsung untuk menyelesaikannya. Saat mengunjungi GraPARI, tentu saja Anda harus membawa persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak Telkomsel sebelumnya. Untuk selengkapnya bisa Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Kunjungi kantor GraPARI terdekat di wilayah Anda
  • Bawa persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran seperti KTP Anda dan nomor kartu Halo yang dikenai sanksi.
  • Ambil antrian untuk menuju ke Customer Service
  • Jelaskan permasalahan Anda dalam menghadapi sanksi tidak membayar tagihan kartu halo ini.
  • CS akan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan Anda.
  • Lakukan pembayaran tagihan Anda kepada pihak Telkomsel melalui GraPARI.
  • CS akan memberikan struk pembayaran.
  • Pihak Telkomsel akan melakukan peninjauan kembali terkait langganan kartu Halo yang Anda inginkan.
  • Kalau ACC, kartu Anda akan aktif kembali dalam waktu 1×24 jam.
  • Proses penyelesaian masalah sanksi ini selesai.

Kalau masih belum aktif pada jangka waktu yang sudah ditentukan, Anda bisa menghubungi customer service kartu halo di nomor 188. Atau bisa juga dengan mendatangi kantor GraPARI terdekat di wilayah Anda secara langsung.

Apakah Kartu Halo Bisa Kembali Digunakan Setelah Membayar Tagihan?

Apakah-Kartu-Halo-Bisa-Kembali-Digunakan-Setelah-Membayar-Tagihan

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, Kartu Halo ini memang bisa kembali digunakan setelah Anda melakukan pelunasan tagihan. Namun ternyata tidak semua kartu Halo yang terkena sanksi bisa digunakan kembali. Beberapa diantaranya tetap mendapatkan sanksi dengan waktu yang tidak ditentukan.

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, sanksi tidak membayar tagihan kartu halo ini sangat bergantung pada record pembayaran Anda saat ini dan di masa lalu. Kalau Anda terus melakukan pembayaran dengan baik,  tentu saja ini akan menjadi penilaian yang baik juga bagi pihak Telkomsel.

Namun sebaliknya kalau siklus pembayaran Anda sering buruk, bisa jadi sanksi yang diberikan akan terus berlanjut. Kalau sudah sampai pada fase ini, tentu saja Anda harus berkomunikasi lebih lanjut dengan pihak Customer Service agar mendapatkan kejelasan.

Biasanya sanksi akan segera dibuka jika Anda memperlihatkan usaha yang bagus dalam mempertahankan Kartu Halo tersebut.

Kartu Halo yang Sudah Dinonaktifkan Bisa Diaktifkan Kembali?

Kartu-Halo-yang-Sudah-Dinonaktifkan-Bisa-Diaktifkan-Kembali

JIka kartu Halo Anda sudah diblokir, sebenarnya Anda bisa mengaktifkan ulang kartu tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi sebelum pihak Telkomsel mengaktifkannya kembali. Syarat pertama adalah Anda harus melunasi seluruh tagihan yang sudah Anda gunakan.

Kalau Anda belum melunasi tagihan yang dibebankan kepada kartu tersebut, tentu saja kartu yang Anda gunakan belum bisa diaktifkan kembali. Tidak hanya itu saja, ada juga syarat lain yang harus Anda penuhi. Syarat tersebut adalah, pemblokiran kartu belum melewati 180 hari.

Kalau pemblokiran kartu Anda sudah berjalan lebih dari 180 hari, maka kartu tersebut sudah tidak bisa digunakan. Jadi kartu tersebut sudah hangus dan nomornya akan dibersihkan. Mungkin nomor tersebut akan dijual ulang kepada pelanggan lain kedepannya. Inilah sanksi tidak membayar tagihan kartu halo yang sulit diperbaiki.

Apakah Nama Pemilik Kartu Halo Yang Sudah Dinonaktifkan Bisa Membuat Kartu Halo Lagi?

Apakah-Nama-Pemilik-Kartu-Halo-Yang-Sudah-Dinonaktifkan-Bisa-Membuat-Kartu-Halo-Lagi

Untuk Anda yang sudah pernah mendapatkan sanksi pemblokiran kartu Halo dari Telkomsel, Anda masih tetap bisa mengajukan pembuatan kartu Halo yang baru. Namun tentu saja prosesnya tidak akan semudah pengajuan pertama.

Pihak Telkomsel akan melakukan pertimbangan ulang terkait pengajuan Anda tersebut dengan mempertimbangkan siklus pembayaran Anda sebelumnya. Kalau memang Anda layak untuk mendapatkan Kartu Halo terbaru, maka pengajuan Anda akan segera disetujui. Pastikan untuk tidak menyia-nyiakan kepercayaan ini untuk kedua kalinya.

Bagaimana Jika Sanksi Tetap Tidak Dibayarkan?

Apakah-Nama-Pemilik-Kartu-Halo-Yang-Sudah-Dinonaktifkan-Bisa-Membuat-Kartu-Halo-Lagi

Jika Anda tetap bersikukuh untuk tidak membayar tagihan dan menyepelekan sanksi tidak membayar tagihan kartu Halo yang diberikan oleh pihak Telkomsel, tentu saja ada resiko yang akan Anda dapatkan. Pertama, Anda akan terus mendapatkan tagihan dari pihak Telkomsel terkait utang Kartu Halo yang pernah digunakan.

Pihak Telkomsel juga akan menghubungi nomor kerabat terdekat yang Anda masukkan ke dalam form registrasi Kartu Halo yang Anda isi pada saat pengajuan awal. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan Anda.

Di sisi lain, sesuai dengan klausul pengajuan Kartu Halo di awal, pihak Telkomsel juga bisa mempidanakan Anda tidak mengikuti perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya. Terlebih lagi kalau terbukti ada dokumen yang tidak sesuai dengan kenyataan pada saat Anda melakukan pengajuan sebelumnya.

Untuk menghindari resiko ini hanya ada dua solusi yang bisa Anda pilih. Pertama, lakukan pembayaran tagihan Kartu Halo ini secara rutin sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Kalau Anda sudah tidak ingin menggunakan kartu Halo tersebut, segera lakukan pemblokiran layanan dengan mengunjungi kantor GraPARI terdekat di wilayah masing-masing.

Keterlambatan Pembayaran Kartu Halo Berpengaruh Terhadap BI Checking?

Keterlambatan-Pembayaran-Kartu-Halo-Berpengaruh-Terhadap-BI-Checking

Sejauh ini tidak ada bukti valid yang menyatakan kalau keterlambatan pembayaran Kartu Halo ini berpengaruh terhadap status BI Checking. Terkadang orang merasa takut karena Telkom juga merupakan BUMN. Padahal sudah jelas Telkom ini adalah perusahaan komunikasi, bukan perusahaan finansial.

Bagi Anda yang berencana untuk menggunakan kartu Halo, pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal yang sudah kami jelaskan di atas. Sesuaikan penggunaan telepon dengan kapasitas Anda agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran yang memunculkan sanksi tidak membayar tagihan kartu Halo.

 

Lihat Juga :