Cara Cek + Perpanjang Masa Aktif 3 (Tri) + Mengaktifkan kartu 3 Mati

Posted on

perpanjang masa aktif 3

Ada beberapa cara untuk perpanjang masa aktif kartu Tri, yakni dengan membeli masa aktif atau isi ulang pulsa. Penambahan masa aktif kartu Tri paling lama adalah 500 hari (dalam satu transaksi), dan merupakan masa aktif terpanjang jika dibandingkan dengan kartu prabayar operator lain.

Di tahun 2019 ini, tidak ada cara untuk menambah masa aktif kartu Tri secara gratis karena semua metode yang ada membutuhkan pulsa atau dana.

Sebelum melakukan perpanjangan, alangkah kalau kamu memeriksa masa aktif terlebih dahulu. Dalam hal itu ada tiga cara untuk melakukannya. Cara pertama adalah dengan dial *123#. Yang kedua dial *111#. Terakhir, kamu bisa download aplikasi Bima+ di Play Store atau App Store.

Dari mengetahui masa aktif, kamu secara otomatis juga bisa mengetahui masa tenggang kartu milikmu. Rumusnya adalah masa aktif kartu + 30 hari. Jadi jika masa aktif kartumu sampai tanggal 1 November 2019, maka masa tenggang akan berakhir pada 1 Desember 2019.

Namun, selain masa aktif kartu, sebaiknya kamu juga tahu bagaimana cara memeriksa masa aktif kuota internet Tri. Menurut saya, itu merupakan hal yang tidak kalah penting. Bagaimana caranya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Cara Cek Masa Aktif Kuota Tri

cek masa aktif 3

 

Ada dua cara jika ingin memeriksa masa aktif kuota. Cara pertama adalah dengan dial *123*. Kalau sudah, masuk ke info dan pilih Cek Kuota Internet. Setelah menunggu beberapa saat, nanti kamu akan mendapat SMS balasan yang berisi sisa kuota dan masa aktif paket.

Sedangkan cara kedua adalah melalui aplikasi Bima+. Untuk melakukannya, kamu harus login terlebih dahulu. Kalau sudah, kamu cukup tap ikon paket internet. Dengan begitu kamu akan menemukan detail paket dan masa aktif dari kuota yang kamu punya.

Cukup mudah, bukan? Karena kamu sudah ahli melakukannya, sekarang waktunya kita masuk ke pembahasan utama, yaitu cara memperpanjang masa aktif. Tanpa berlama-lama, langsung simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif  Tri

Sifat dari proses tersebut adalah akumulatif. Artinya, jika hari ini kartu perdana milikmu masih aktif untuk 15 hari ke depan, lalu kamu perpanjang lagi 30 hari, maka masa aktifnya akan menjadi 45 hari dari sekarang (30 + 15 hari).

Secara umum, ada 2 cara untuk memperpanjang masa aktif kartu Tri, yaitu isi ulang pulsa dan membeli masa aktif paket AON.

beli pulsa 3

Kita mulai dari isi ulang pulsa. Isi ulang ini dapat kamu lakukan di masa aktif maupun masa tenggang. Jika ingin lebih murah, kamu lebih baik membelinya di toko online seperti Tokopedia, Lazada, BukaLapak, daripada di toko offline. Selain murah, di sana juga ada banyak sekali promo yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, tidak semua nominal mempunyai nilai perpanjangan yang sama. Sederhananya, semakin besar isi ulang pulsa, maka masa aktif yang akan kamu dapat juga semakin besar. Pada operator Tri, nominal terkecil saat pengisian pulsa adalah Rp 1000, dan yang terbesar adalah Rp 500.000.

Jadi, saat kamu mengisi Rp 1.000, kamu hanya akan mendapat perpanjangan masa aktif selama 1 hari. Jika mengisi Rp 2.000, kamu akan mendapat perpanjangan 2 hari. Jika mengisi Rp 3.000, kamu akan mendapat perpanjangan 3 hari. Jika mengisi Rp 4.000, kamu akan mendapat perpanjangan 4 hari. Jika mengisi Rp 5.000, kamu akan mendapat perpanjangan 5 hari.

Jika mengisi Rp 10.000, kamu akan mendapat perpanjangan 10 hari. Jika mengisi Rp 20.000, kamu akan mendapat perpanjangan 20 hari. Jika mengisi Rp 25.000, kamu akan mendapat perpanjangan 25 hari. Jika mengisi Rp 30.000, kamu akan mendapat perpanjangan 30 hari. Jika mengisi Rp 35.000, kamu akan mendapat perpanjangan 35 hari.

Jika mengisi Rp 50.000, kamu akan mendapat perpanjangan 50 hari. Jika mengisi Rp 75.000, kamu akan mendapat perpanjangan 75 hari. Jika mengisi Rp 100.000, kamu akan mendapat perpanjangan 100 hari. Jika mengisi Rp 150.000, kamu akan mendapat perpanjangan 150 hari. Jika mengisi Rp 200.000, kamu akan mendapat perpanjangan 200 hari.

Jika mengisi Rp 300.000, kamu akan mendapat perpanjangan 300 hari. Dan jika mengisi Rp 500.000, kamu akan mendapat perpanjangan 500 hari.

Cara selanjutnya untuk perpanjang masa aktif adalah dengan membeli masa aktif. Ingat, cara ini cuma bisa kamu lakukan saat nomor kamu aktif. Dan sama seperti sebelumnya, semakin besar harga yang kamu bayar, maka masa aktif yang kamu dapat juga akan semakin panjang.

Di sini jika kamu membeli Rp 10.000, kamu akan mendapat perpanjangan 1 bulan. Jika membeli Rp 35.000, kamu akan mendapat perpanjangan 6 bulan. Jika membeli Rp 50.000, kamu akan mendapat perpanjangan 12 bulan.

Untuk membeli itu, kamu bisa melakukannya lewat dial ke *123#. Pilih internet, Always On (AON), dan terakhir Masa Aktif AlwaysOn. Kalau sudah, pilih masa aktif yang diinginkan dan ketik 1. Begitu permintaan diproses dan sukses, kamu akan mendapat balasan SMS dari 234 yang berisi pemberitahuan bahwa pembelian masa aktifmu telah berhasil.

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu 3 yang Sudah Mati

Untuk sekarang, sayang sekali tidak ada cara mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati, alias masa tenggangnya habis. Jika itu terjadi, maka nomor Tri milikmu sudah dipastikan hangus. Dalam hal ini, kartu Tri tidak sebagus layanan kartu prabayar Telkomsel, yang mana jika kartu telah melewati masa tenggang, itu masih bisa dihidupkan. Yah, meskipun setelah itu kartu tersebut akan menjadi kartu Halo (pasca bayar).

Jadi, jika kamu tetap ingin menggunakan kartu Tri, solusinya hanya beli kartu perdana yang baru.

 

Mungkin itu saja yang perlu kamu ketahui tentang cara perpanjang masa aktif kartu Tri. Semoga kamu lebih tercerahkan.